Pages

Minggu, 09 Oktober 2016

IDENTIFIKASI PELUANG USAHA


KEWIRAUSAHAAN
IDENTIFIKASI PELUANG USAHA






Disusun Oleh :
                                 Kelompok          :    5 (Lima)
                                 Nama                 :    1. Dimas Wahyu     /32413525
                                                                  2. M. Fardan M.   /35413128
                                                                  3. Lulu Luvita        /35413064
                                                                  4. Rizki Eka .S       /37413923
                                 Kelas                  :    4ID06
                                 Dosen                 :    Anggia Paramita Putri Kencana



JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016

Wirausaha baru-baru ini menjadi pekerjaan yang sangat diinginkan oleh banyak kalangan di Indonesia, bahkan di dunia. Selain karena pekerjaan yang menjanjikan, anda tidak perlu bertanggung jawab kepada atasan anda, karena usaha tersebut adalah milik anda pribadi dan mungkin beberapa rekan kerja. Namun tidak semua usaha yang dibangun mempunyai potensi yang bagus disuatu daerah, banyak hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mendirikan usaha sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum mendirikan usaha.


1.         Identifikasi Peluang
            Identifikasi peluang dilakukan untuk memperkirakan produk atau jasa yang mungkin memiliki potensi yang bagus di masa depan. Kami telah memilih 10 produk dan jasa untuk diidentifikasi peluangnya.
No
Identifikasi Usaha
Nilai Fungsional
1
Penitipan Motor
Sebuah jenis usaha yang menyediakan lahan parkir untuk menitipkan kendaraan bermotor untuk sementara waktu dan aman
2
Travel Agent
Mempermudah dalam melakukan perjalanan ketempat yang ingin didatangi serta memberikan informasi lebih karena telah berpengalaman pada tempat tersebut
3
Service Electronic
Mempermudah dalam hal service dalam hal ini barang yang sukar untuk dibenahi dan perlu seorang ahli dalam melakukannya
4
Supplier Barang
Mempermudah dalam memenuhi keinginan akan barang-barang dengan kualitas baik dan mudah untuk mendapatkannya
5
Tempat fotokopi serta Print
Mempermudah dalam hal mencetak serta memperbanyak softcopy atau hardcopy sebuah berkas
6
Custom Kemeja Flanel
Mempermudah kita untuk membuat sebuah kemeja flanel yang memiliki corak yang berbeda dari kemeja di pasaran
7
Custom Kaos
Mempermudah dalam hal membuat baju sesuai keinginan customer
8
Warung Makan
Mempermudah dalam hal urusan konsumsi makanan
9
Tempat Service Motor
Mempermudah dalam memperbaiki motor dan urusan service
10
Warung Es Kelapa
Menyediakan tempat untuk meminum es kelapa pada waktu siang hari dan sebagai tempat untuk beristirahat selepas berkendara
            Produk dan jasa diatas kami pilih dengan memperhatikan berbagai aspek, antara lain potensi diri kami dalam membangun usaha tersebut, daerah dimana kami akan mendirikan usaha tersebut dan lain-lain.

2.         Memilih 3 Jenis Usaha dari 10 Jenis Usaha yang ditetapkan.
                  Berdasarkan sepuluh jenis produk dan jasa diatas, kami fokuskan ke hanya tiga produk dan jasa dengan mempertimbangkan faktor-faktor internal maupun eksternal seperti potensi pasar dari produk dan jasa tersebut, bahan baku yang dibutuhkan, tenaga kerja dan lain-lain.
No
Gagasan Usaha
Alasan
1
Penitipan Motor
Kemajuan moda transportasi dan kemudahan dalam hal mendapatkan kendaraan bermotor membuat semakin banyak orang memiliki kendaraan dan membuat kondisi jalan raya semakin padat. Maka dari itu banyak masyarakat yang beralih ke moda bus atau kereta api. Jarak rumah mayarakat untuk sampai ke stasiun berjarak agak jauh dan biasanya masyarakat malas untuk berjalan kaki dan akhirnya menggunakan motor untuk sampai ke stasiun. Oleh sebab itu diperlukan tempat untuk menitipkan kendaraan bermotor yang aman, nyaman dan luas.
2
Travel Agent
Semakin majunya sosial media mendorong masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjunginya. Akan tetapi masyarakat belum mengetahui biaya serta fasilitas yang tersedia di tempat wisata tersebut maka dari itu dibutuhkan agent yang telah mengetahui seluk beluk dari tempat wisata tersebut dan membimbing masyarakat.
3
Service Electronic
Barang elektronik adalah barang yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup sulit untuk membenahi sendiri ketika barang tersebut mengalami kerusakan. Maka dari itu membutuhkan seorang yang cukup ahli dalam membenahi barang-barang elektronik tersebut.
4
Supplier Barang
Keinginan untuk memiliki barang yang diingikan semakin tinggi karena barang menjadi kebutuhan bahkan menjadi status sosial bagi sebagian orang. Maka dari itu membutuhkan orang yang menjadi penyuplai barang-barang yang diinginkan masyarakat, bisa barang lokal maupun barang impor.
5
Tempat fotokopi dan print
Kemajuan zaman membuat kebutuhan dalam hal mencetak berkas menjadi kebutuhan penting. Hal ini dikarenakan tulis tangan sudah agak tersingkir dan biasanya berkas yang di cetak secara elektronik lebih rapih dibandingkan tulis tangan dan berkas tersebut dibuat lebih menghemat waktu dalam pengerjaan nya. Akan tetapi ketersediaan masyarakat untuk memiliki satu paket alat printer masih terbilang jarang. Maka dari itu tempat fotokopi dan print menjadi wadah dalam mempermudah hal mencetak berkas-berkas tersebut.
6
Custom Kemeja Flanel
Kemajuan dalam hal mode berbusana membuat masyarakat menginginkan busana yang mengikuti tren saat ini. Kemeja flanel semakin banyak dipasaran dan oleh sebab itu sebagian orang menginginkan kemeja yang berbeda dari pasaran maka dari itu tempat custom kemeja flanel menjadi wadah dalam hal kreatifitas masyarakat dalam merancang sendiri kemeja yang dinginkannya dan tentunya memiliki nilai lebih karena kemeja tersebut adalah hasil rancangan sendiri.
7
Custom Kaos
Kaos adalah busana yang memiliki kesan simpel bagi si pemakai. Sebagian orang menginginkan kaos yang sesuai dengan ukuran badan dan tentunya mengikuti kreatifitas dari si pembuat kaos. Maka dari itu tempat custom kaos adalah wadah yang dapat menuangkan kreatifitas si pembeli dan kaos tersebut tentunya akan berbeda dari kebanyakan orang.
8
Warung Makan
Makan merupakan kebutuhan manusia yang amat penting untuk menjalani aktifitas harian mereka. Bagi sebagaian orang untuk membuat makanan sendiri agak sulit karena untuk membeli bahan dan waktu untuk mengerjakannya menjadi sebuah masalah. Berdasarkan hal tersebut ketersediaan warung makan sangat perlu karena akan secara instan untuk langsung dikonsumsi.
9
Tempat Service Motor
Semakin maju nya industri kendaraan bermotor dan semakin mudahnya untuk memiliki motor membuat semakin banyaknya masyarakat yang memilikinya. Akan tetapi pengetahuan dan ketersedian alat untuk membetulkan motor tersebut menjadi masalah bagi sebagaian orang. Oleh sebab itu tempat service motor adalah sebagai tempat untuk mengatasi masalah motor dan dikerjakan orleh montir yang cukup ahli.
10
Warung Es Kelapa
Minuman yang memiliki nilai gizi dan dapat diminum secara instan serta menyehatkan salah satunya adalah es kelapa. Disamping sebagi tempat minum es kelapa dapat juga sebagai tempat untuk bersosialisasi
            Berdasarkan analisis diatas, produk dan jasa diatas memiliki peluang yang bagus dan berguna untuk orang lain. Namun diperlukan juga memperhatikan faktor internal seperti skill pendiri, modal dan faktor eksternal seperti pesaing, lingkungan dan kebijakan pemerintah.
No
Pertimbangan
Bobot Setiap Gagasan Usaha Berdasarkan Pertimbangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
Modal
5
3
4
4
2
3
3
1
2
3
2
Kemampuan
5
5
3
4
3
3
3
3
3
4
3
Permintaan
5
5
3
5
4
3
4
3
5
3
4
Peralatan
5
4
3
4
2
2
2
3
2
4
5
Lingkungan
4
4
3
4
4
3
3
4
4
3
Total Bobot Setiap Gagasan Usaha
24
21
16
21
15
14
15
14
16
17
Prioritas
1
2
-
3
-
-
-
-
-
-
Kriteria Pembobotan   :  1 (Tidak Mendukung)
                                                   2 (Kurang Mendukung)
                                                   3 (Cukup Mendukung)
                                                   4 (Mendukung)
                                                   5 (Sangat Mendukung)
            Setelah melakukan penilaian atau memberikan bobot pada masing-masing produk dan jasa dengan memperhatikan faktor internal maupun eksternal, didapatkan tiga jasa yang lebih memungkinkan untuk didirikan, yaitu jasa penitipan motor, travel agent, dan supplier barang.

3.              Analisa SWOT
Analisa SWOT adalah analisis terhadap produk dan jasa baru yang memperhatikan kekuatan (Strenghtness), kelemahan (Weakness), peluang (opportunity) , dan ancaman (threatness) agar pendiri usaha dapat mempersiapkan apa yang harus dilakukan terhadap kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman terhadap produk dan jasa yang didirikan
a.     Gagasan Usaha 1: Penitipan Motor
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
KELEMAHAN
Bobot
Lokasi                                         4
Keamanan                                   4
Fasilitas                                      4
Harga terjangkau                        3
Bobot
Luas kurang sesuai                    3                           
PELUANG
ANCAMAN
  Bobot
Peluang Pasar                             4
Banyak Peminat                         4
Bobot
Banyak Pesaing                          5
Hari Libur                                  3

KLPA Gagasan Usaha 1        
= (K + P ) – ( L + A )
= (15 + 8 ) – (3 + 8)
= (23) – (11)
= 12
b.      Gagasan Usaha 2: Travel Agent
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.

KEKUATAN
KELEMAHAN
Bobot
Harga                                          3
Lokasi Tujuan                            4
Kemudahan Akses                     5
Bobot
Terbatasnya kuota                      3
Ketidaksesuaian                          3

PELUANG
ANCAMAN
Bobot
Banyak Peminat                         4
Peluang Pasar                             4
Bobot
Kondisi terkini lokasi                4             
Pesaing Ada Yang Lebih          5
Murah

KLPA Gagasan Usaha 2        
= (K + P ) – ( L + A )
= (12 + 8) – (6 + 9)
= (20) – (15)
= 5

c.     Gagasan Usaha 3: Supplier Barang
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.

KEKUATAN
KELEMAHAN
Bobot
Harga                                           5
Kualitas                                       4
Ketersediaan barang                 3
Bobot
Waktu pengiriman                    4
PELUANG
ANCAMAN
Bobot
Peluang Pasar                             4

Bobot
Harga pesaing                           4

KLPA Gagasan Usaha 1        
= (K + P ) – ( L + A )
= (12 + 4 ) – (4 + 4)
= (16) – (8)
= 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar