KEWIRAUSAHAAN
IDENTIFIKASI PELUANG USAHA

Disusun
Oleh :
Kelompok : 5 (Lima)
Nama : 1. Dimas
Wahyu /32413525
2. M. Fardan M. /35413128
3. Lulu Luvita /35413064
4. Rizki Eka .S /37413923
Kelas : 4ID06
Dosen : Anggia Paramita Putri Kencana
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016
Wirausaha baru-baru ini menjadi pekerjaan
yang sangat diinginkan oleh banyak kalangan di Indonesia, bahkan di dunia.
Selain karena pekerjaan yang menjanjikan, anda tidak perlu bertanggung jawab
kepada atasan anda, karena usaha tersebut adalah milik anda pribadi dan mungkin
beberapa rekan kerja. Namun tidak semua usaha yang dibangun mempunyai potensi
yang bagus disuatu daerah, banyak hal-hal yang harus diperhatikan sebelum
mendirikan usaha sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan
sebelum mendirikan usaha.
1. Identifikasi
Peluang
Identifikasi peluang dilakukan untuk
memperkirakan produk atau jasa yang mungkin memiliki potensi yang bagus di masa
depan. Kami telah memilih 10 produk dan jasa untuk diidentifikasi peluangnya.
No
|
Identifikasi
Usaha
|
Nilai
Fungsional
|
1
|
Penitipan Motor
|
Sebuah jenis usaha yang menyediakan lahan
parkir untuk menitipkan kendaraan bermotor untuk sementara waktu dan aman
|
2
|
Travel Agent
|
Mempermudah dalam melakukan
perjalanan ketempat yang ingin didatangi serta memberikan informasi lebih
karena telah berpengalaman pada tempat tersebut
|
3
|
Service Electronic
|
Mempermudah dalam hal service
dalam hal ini barang yang sukar untuk dibenahi dan perlu seorang ahli dalam
melakukannya
|
4
|
Supplier Barang
|
Mempermudah dalam memenuhi
keinginan akan barang-barang dengan kualitas baik dan mudah untuk
mendapatkannya
|
5
|
Tempat fotokopi serta Print
|
Mempermudah dalam hal
mencetak serta memperbanyak softcopy atau hardcopy sebuah berkas
|
6
|
Custom Kemeja Flanel
|
Mempermudah kita untuk
membuat sebuah kemeja flanel yang memiliki corak yang berbeda dari kemeja di
pasaran
|
7
|
Custom Kaos
|
Mempermudah dalam hal membuat
baju sesuai keinginan customer
|
8
|
Warung Makan
|
Mempermudah dalam hal urusan
konsumsi makanan
|
9
|
Tempat Service Motor
|
Mempermudah dalam memperbaiki
motor dan urusan service
|
10
|
Warung Es Kelapa
|
Menyediakan tempat untuk
meminum es kelapa pada waktu siang hari dan sebagai tempat untuk beristirahat
selepas berkendara
|
Produk dan jasa diatas kami
pilih dengan memperhatikan berbagai aspek, antara lain potensi diri kami dalam
membangun usaha tersebut, daerah dimana kami akan mendirikan usaha tersebut dan
lain-lain.
2. Memilih 3 Jenis Usaha dari 10 Jenis
Usaha yang ditetapkan.
Berdasarkan sepuluh jenis produk dan jasa
diatas, kami fokuskan ke hanya tiga produk dan jasa dengan mempertimbangkan
faktor-faktor internal maupun eksternal seperti potensi pasar dari produk dan
jasa tersebut, bahan baku yang dibutuhkan, tenaga kerja dan lain-lain.
No
|
Gagasan Usaha
|
Alasan
|
1
|
Penitipan
Motor
|
Kemajuan
moda transportasi dan kemudahan dalam hal mendapatkan kendaraan bermotor
membuat semakin banyak orang memiliki kendaraan dan membuat kondisi jalan
raya semakin padat. Maka dari itu banyak masyarakat yang beralih ke moda bus
atau kereta api. Jarak rumah mayarakat untuk sampai ke stasiun berjarak agak
jauh dan biasanya masyarakat malas untuk berjalan kaki dan akhirnya
menggunakan motor untuk sampai ke stasiun. Oleh sebab itu diperlukan tempat
untuk menitipkan kendaraan bermotor yang aman, nyaman dan luas.
|
2
|
Travel Agent
|
Semakin majunya sosial media
mendorong masyarakat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum pernah
dikunjunginya. Akan tetapi masyarakat belum mengetahui biaya serta fasilitas
yang tersedia di tempat wisata tersebut maka dari itu dibutuhkan agent yang
telah mengetahui seluk beluk dari tempat wisata tersebut dan membimbing
masyarakat.
|
3
|
Service Electronic
|
Barang elektronik adalah
barang yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup sulit untuk membenahi
sendiri ketika barang tersebut mengalami kerusakan. Maka dari itu membutuhkan
seorang yang cukup ahli dalam membenahi barang-barang elektronik tersebut.
|
4
|
Supplier Barang
|
Keinginan untuk memiliki
barang yang diingikan semakin tinggi karena barang menjadi kebutuhan bahkan
menjadi status sosial bagi sebagian orang. Maka dari itu membutuhkan orang
yang menjadi penyuplai barang-barang yang diinginkan masyarakat, bisa barang
lokal maupun barang impor.
|
5
|
Tempat fotokopi dan print
|
Kemajuan zaman membuat
kebutuhan dalam hal mencetak berkas menjadi kebutuhan penting. Hal ini
dikarenakan tulis tangan sudah agak tersingkir dan biasanya berkas yang di
cetak secara elektronik lebih rapih dibandingkan tulis tangan dan berkas
tersebut dibuat lebih menghemat waktu dalam pengerjaan nya. Akan tetapi
ketersediaan masyarakat untuk memiliki satu paket alat printer masih
terbilang jarang. Maka dari itu tempat fotokopi dan print menjadi wadah dalam
mempermudah hal mencetak berkas-berkas tersebut.
|
6
|
Custom Kemeja Flanel
|
Kemajuan dalam hal mode
berbusana membuat masyarakat menginginkan busana yang mengikuti tren saat
ini. Kemeja flanel semakin banyak dipasaran dan oleh sebab itu sebagian orang
menginginkan kemeja yang berbeda dari pasaran maka dari itu tempat custom
kemeja flanel menjadi wadah dalam hal kreatifitas masyarakat dalam merancang
sendiri kemeja yang dinginkannya dan tentunya memiliki nilai lebih karena
kemeja tersebut adalah hasil rancangan sendiri.
|
7
|
Custom Kaos
|
Kaos adalah busana yang
memiliki kesan simpel bagi si pemakai. Sebagian orang menginginkan kaos yang
sesuai dengan ukuran badan dan tentunya mengikuti kreatifitas dari si pembuat
kaos. Maka dari itu tempat custom kaos adalah wadah yang dapat menuangkan
kreatifitas si pembeli dan kaos tersebut tentunya akan berbeda dari
kebanyakan orang.
|
8
|
Warung Makan
|
Makan merupakan kebutuhan
manusia yang amat penting untuk menjalani aktifitas harian mereka. Bagi
sebagaian orang untuk membuat makanan sendiri agak sulit karena untuk membeli
bahan dan waktu untuk mengerjakannya menjadi sebuah masalah. Berdasarkan hal
tersebut ketersediaan warung makan sangat perlu karena akan secara instan
untuk langsung dikonsumsi.
|
9
|
Tempat Service Motor
|
Semakin maju nya industri
kendaraan bermotor dan semakin mudahnya untuk memiliki motor membuat semakin
banyaknya masyarakat yang memilikinya. Akan tetapi pengetahuan dan
ketersedian alat untuk membetulkan motor tersebut menjadi masalah bagi
sebagaian orang. Oleh sebab itu tempat service motor adalah sebagai tempat
untuk mengatasi masalah motor dan dikerjakan orleh montir yang cukup ahli.
|
10
|
Warung Es Kelapa
|
Minuman yang memiliki nilai
gizi dan dapat diminum secara instan serta menyehatkan salah satunya adalah
es kelapa. Disamping sebagi tempat minum es kelapa dapat juga sebagai tempat
untuk bersosialisasi
|
Berdasarkan
analisis diatas, produk dan jasa diatas memiliki peluang yang bagus dan berguna
untuk orang lain. Namun diperlukan juga memperhatikan faktor internal seperti
skill pendiri, modal dan faktor eksternal seperti pesaing, lingkungan dan
kebijakan pemerintah.
No
|
Pertimbangan
|
Bobot
Setiap Gagasan Usaha Berdasarkan Pertimbangan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1
|
Modal
|
5
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
1
|
2
|
3
|
2
|
Kemampuan
|
5
|
5
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
Permintaan
|
5
|
5
|
3
|
5
|
4
|
3
|
4
|
3
|
5
|
3
|
4
|
Peralatan
|
5
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
4
|
5
|
Lingkungan
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
Total Bobot Setiap Gagasan Usaha
|
24
|
21
|
16
|
21
|
15
|
14
|
15
|
14
|
16
|
17
|
|
Prioritas
|
1
|
2
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Kriteria Pembobotan : 1 (Tidak Mendukung)
2 (Kurang Mendukung)
3 (Cukup Mendukung)
4 (Mendukung)
5 (Sangat Mendukung)
Setelah
melakukan penilaian atau memberikan bobot pada masing-masing produk dan jasa
dengan memperhatikan faktor internal maupun eksternal, didapatkan tiga jasa
yang lebih memungkinkan untuk didirikan, yaitu jasa penitipan motor, travel
agent, dan supplier barang.
3.
Analisa
SWOT
Analisa SWOT adalah
analisis terhadap produk dan jasa baru yang memperhatikan kekuatan
(Strenghtness), kelemahan (Weakness), peluang (opportunity) , dan ancaman
(threatness) agar pendiri usaha dapat mempersiapkan apa yang harus dilakukan
terhadap kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman terhadap produk dan jasa yang
didirikan
a. Gagasan
Usaha 1: Penitipan Motor
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan
analisis mikro yang dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan
pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
Lokasi 4
Keamanan 4
Fasilitas 4
Harga terjangkau 3
|
Bobot
Luas kurang sesuai 3
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
Peluang Pasar 4
Banyak Peminat
4
|
Bobot
Banyak Pesaing 5
Hari Libur 3
|
KLPA Gagasan Usaha 1
= (K + P ) – ( L + A )
= (15 + 8 ) – (3 + 8)
= (23) – (11)
= 12
b. Gagasan
Usaha 2: Travel Agent
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan analisis mikro yang
dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan
pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
Harga 3
Lokasi Tujuan
4
Kemudahan Akses 5
|
Bobot
Terbatasnya kuota 3
Ketidaksesuaian 3
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
Banyak Peminat 4
Peluang Pasar 4
|
Bobot
Kondisi terkini lokasi 4
Pesaing Ada Yang Lebih 5
Murah
|
KLPA Gagasan Usaha 2
= (K + P ) – ( L + A )
= (12 + 8) – (6 + 9)
= (20) – (15)
= 5
c. Gagasan
Usaha 3: Supplier Barang
Gagasan usaha ini terpilih berdasarkan analisis mikro yang
dilakukan dengan melakukan pembobotan dengan memperhatikan
pertimbangan-pertimbangan terhadap faktor internal dan eskternal.
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
Bobot
Harga 5
Kualitas 4
Ketersediaan barang 3
|
Bobot
Waktu pengiriman 4
|
PELUANG
|
ANCAMAN
|
Bobot
Peluang Pasar 4
|
Bobot
Harga pesaing 4
|
KLPA Gagasan Usaha 1
= (K + P ) – ( L + A )
= (12 + 4 ) – (4 + 4)
= (16) – (8)
= 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar